blog yang membahas aneka tempat wisata di daerah

Kamis, 11 Februari 2016

15 TEMPAT WISATA DI JEPARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Tempat Wisata di Jepara – Siapa yang tidak kenal dengan keindahan ukiran dari Jepara. Ukiran mebel dari Jepara sudah terkenal sampai ke pelosok Nusantara bahkan ke penjuru dunia. Ternyata, selain ukirannya yang terkenal, Jepara juga menjadi salah satu destinasi wisatawan dari berabgai daerah di Indonesia.

Ada banyak tempat wisata di Jepara yang menarik dikunjungi. Apalagi kalau sedang liburan, liburan akan menjadi sangat menyenangkan tentunya. Sebelum kita keling-keliling di Jepara, ada baiknya kalau kenalan dengan Kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini.

Kabupaten Jepara merupakan salah satu Kab. di Jawa Tengah yang berbatasan lansung dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa. Ibukota Kabupatennya adalah Jepara.

Jepara memiliki pantai yang indah untuk dikunjungi, yang sudah sangat terkenal adalah Taman Nasional Karimunjawa. Ada banyak sekali obyek wisata di Karimunjawa yang seru untuk kita datangi. Selain karimun jawa, masih ada banyak sekail tempat wisata di Jepara yang wajib dikunjungi. Nah, kira-kira dimana saja? Kali ini kami  ingin mengajak anda berjalan-jalan keliling Jepara.

1. Berwisata ke Pulau Mandalika Jepara


Berwisata ke Pulau Mandalika Jepara

Berwisata ke Pulau Mandalika Jepara
Pulau ini menjadi tempat memancing favorit di Jepara. Ada banyak jenis ikan disini seperti ikan kerapu, pari, sembilang dan kakap putih. Di sini kamu juga bisa melihat tanaman endemik Pulau Mandalika yang namanya Nongko Celeng. Tanaman ini unik karena buahnya tumbuh dari dalam tanah, tepat di bagian akar.

2. Obyek Wisata Pulau Panjang di Jepara

Tempat wisata favorit di Jepara yang selanjutnya adalah pulau panjang. Pulau Panjang berada tidak jauh dari Pantai Kartini, hanya berjarak sekitar 2,5 Km saja. Keindahan Pulau ini membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Pulau ini memiliki laut dangkal di sekelilingnya, dasar terumbu karang dan juga pasir yang putih, Pulau Panjang adalah tempat wisata air yang menarik. Apalagi airnya juga cukup jernih dan tidak berarus, pas untuk melakukan kegiatan seperti berenang, snorkeling dan kano.

Obyek Wisata Pulau Panjang di Jepara

Obyek Wisata Pulau Panjang di Jepara

Pulau Panjang memiliki luas sekitar 19 Ha saja. Anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Panjang? Untuk menikmati keindahan pulau ini anda hanya harus membayar tiket perahu wisata yang akan mengantarkan Anda ke pulau sebesar Rp 12 ribu dari dermaga Pantai Kartini. Dan tiket masuk Pulau Panjang adalah sebesar Rp 3 rbu per orang,



3. Tempat Wisata Alam Air Terjun Songgolangit Jepara

Ternyata Jepara tidak hanya melulu tentang Pantainya saja, rupanya ada banyak juga tempat wisata alam di Jepara yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Songgolangit. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang sejauh 30 km arah utara dari pusat kota Jepara, Air Terjun Songgolangit memiliki ketinggian 80 m dengan lebar 2 m.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Songgolangit Jepara

Nama air terjun ini konon karena jika dilihat dari bawah, maka air terjun tersebut tampak seolah sedang menyangga horizon langit. Wisata alam ini memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati udara yang sejuk, pemandangan alam yang indah, disini ada banyak kupu-kupu dengan warna-warni yang indah. Menurut kisah masyarakat setempat, konon air terjun ini ditunggui oleh sepasang suami isteri yang ikut menjaga kenyamanan para wisatawan untuk menikmati keindahan di kawasan air terjun, sebab para wisatawan adalah tamu yang perlu dihormati dan dijaga keamanannya dan kenyamananya.
Bagaimana? Anda mau mandi-mandi disni?

Baca Juga : 5 wisata lombok yang Uwow banget, dijamin ketagihan

 4. Tempat Wisata Danau Blingoh Jepara

Tempat Wisata Danau Blingoh Jepara

Danau ini memang tidak populer dan masih belum terlalu dikenal. Namanya sendiri juga belum ada, Danau Bloingoh itu adalah nama desanya. Danau ini terletak di dukuh Lembah desa Blingoh kecamatan Donorojo. Danau ini terbentuk akibat genangan air di bekas penambangan batu putih yang tidak direklamasi. Danau ini berukuran kecil, dan sangat indah sekali. Akses jalan menuju lokasi belum baik.

5. Tempat Wisata Karimun Jawa Jepara



Tempat wisata yang satu ini tentu saudah tidak asing lagi kedengarannya. Karena memang, karimun jawa sudah sangat terkenal sekali dengan keindahan alamnya, keeksotisan alam bawah lautnya, serta pemandangannya yang sangat cantik.

Taman Nasional Karimunjawa ini berada 83 km dari barat laut kota Jepara. Ada berbagai alternatif cara untuk bisa sampai ke sana, mulai dari dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan memanfaatkan tur yang banyak tersedia di berbagai agen perjalanan.

Luas Taman Nasional ini sekitar 107.225 ha yang berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi dengan tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Bagi anda yang ingin melihaat ‘surga’ bawah laut, disinilah tempatnya. Pesona biota laut di Karimunjawa menjadi magnet bagi wisatawatan baik lokal maupun mancanegara. Ada lebih dari 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, hingga 133 genera akuatik. Beberapa biota laut di Karimunjawa ini adalah biota yang dilindungi. 

Ada banyak ‘permainan’ air seru dan menarik yang bisa anda nikmati disini, diantaranya menyelam, snorkeling, memancing, berenang, berjemur, atau menjelajahi lautnya yang jernih. Selain itu, berbagai keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda di tempat wisata Jepara yang satu ini.

6. Tempat Wisata Pantai Bandengan (Pantai Tirto Samudro) Jepara

Tempat wisata pantai di Jepara yang wajib dikunjungi adalah Pantai Bendengan . Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tirto Samudro. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan Pantai ini selalu ramai pengunjung, apalagi kalau akhir pekan. 

Tempat Wisata Pantai Bandengan (Pantai Tirto Samudro) Jepara

Letaknya hanya 7 km dari pusat kota di Utara Jepara. Pantainya yang bersih, pasirnya yang putih dan halu sangat sempurna untuk dijadikan tempat liburan di Jepara. Anda bisa berkemah, volley pantai, hingga sepeda santai disini. Tempat wisata Jepara yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai tempat ajang permainan motor cross serta pertunjukan festival layang-layang skala regional, nasional, maupun internasional

Jangan lewatkan juga:  “Wisata di Lombok Paling Populer dan Indah

7. Tempat Wisata Pantai Gua Manik Jepara

Satu lagi pantai yang tidak terkenal di Jepara, Pantai Gua Manik. Pantai ini sebenarnya sangat cantik namun karena masih kurang pengelolaan dan promosi jadi belum terkenal. Letaknya ada di desa Banyumanis, kecamatan Donorejo, Jepara. Jika Anda menyukai berlibur menggunakan alat transportasi umum, maka naiklah bus dengan tujuan Jepara. Setelah sampai di Terminal Jepara, naiklah bus arah Pati lalu turulah di Sambung Oyot. Dari kawasan Sambung Oyot terdapat banyak ojek yang akan mengantarkan Anda sampai di salah satu pantai cantik kota kelahiran Raden Ajeng Kartini.

Tempat Wisata Pantai Gua Manik Jepara

Menariknya lagi Pantai Gua Manik terletak sangat berdekatan dengan salah satu destinasi wisata sejarah kenamaan Jepara yaitu Benteng Portugis. Karena baru dibuka, Pantai Gua Manik belum setenar ikon wisata pantai Jepara lainnya seperti Pantai Kartini ataupun Pulau Panjang. Namun hal ini juga dapat menjadi sisi menarik dari Pantau Gua Manik itu sendiri karena pantai jelas belum menjadi destinasi wisata yang terlalu ramai. Jika ingin menikmati pesona sunrise ataupun sunset di Pantai Gua Manik, Anda dapat menginap di rumah warga Banyumanik. (Sumber: sandimaulid.wordpress.com)

8. Tempat Wisata Pantai Kartini di Jepara

Pantai Kartini merupakan tempat wisata paling Populer di Jepara bagi anak-anak dan keluarga. Selain menikmati wisata pantai, ada banyak wahana permainan disini, seperti komedi putar, mandi bola, perahu arus, dermaga, dan aquarium kura-kura dapat ditemukan di pantai Jepara yang satu ini.

Tempat Wisata Pantai Kartini di Jepara


Lokasi Pantai Kartini berada diantara obyek wisata Karimunjawa dan Pantai Panjang. Untuk menikmati pantai ini kita hanya membayar Rp 3 ribu per orang, belum termasuk tiket kendaraan roda dua, bis, dan roda empat. Di akhir pekan dan hari libur, harga tiket masuk pantai menjadi Rp 5 ribu per orang.

9. Tempat Wisata Pantai Ombak Mati di Jepara

Satu lagi tempat wisata pantai di Jepara yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai Ombak mati atau juga dikenal dengan nama pantai Bondo. Pantai ini berada di desa Bondo, Bangsri, Jepara. Uniknya, pantai ini tidak memiliki ombak, dan itulah alasan mengapa pantai ini disebut pantai ombak mati. 

Tempat Wisata Pantai Ombak Mati di Jepara

10. Tempat Wisata Pantai Teluk Awur di Jepara

Satu lagi tempat wisata pantai di Jepara yang harus anda kunjungi, Pantai Teluk Awur. Pantai ini berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Jepara. Cara paling populer dilakukan wisatawan untuk menikmati pantai ini adalah berenang dan bermain air laut.

Untuk bermain disini anda tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis.


Tempat Wisata Pantai Teluk Awur di Jepara

11. Tempat Wisata Mistis Pertapaan Ratu Kalinyamat Jepara

Bagi anda yang tertarik untuk merasakan wisata mistis, silahkan datang ke tempat Pertapaan Nyai Ratu Kalinyamat ini berada di desa Tulakan. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat yang paling bersejarah karena merupakan tempat pertapaan Ratu Jepara pada zaman dahulu. Yang keren, tempat ini sudah pernah masuk televisi yaitu pada acara Mr. Tukul Jalan-Jalan.

Awas hati-hati, jangan sampai bertambah anggota saat pulangnya. :)

Tempat Wisata Pertapaan Ratu Kalinyamat Jepara

12. Tempat Wisata Religi Masjid Mantingan di Jepara

Ini tempat kunjungan terakhir di Jepara dari kami. Masjid Mantingan adalah sebuah masjid kuno di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masjid ini konon didirikan pada masa Kesultanan Demak.


 Tempat Wisata Religi Masjid Mantingan di Jepara
Didirikan dengan lantai tinggi ditutup dengan ubin bikinan Tiongkok, dan demikian juga dengan undak-undakannya. Semua didatangkan dari Makao. Bangunan atap termasuk bubungan adalah gaya Tiongkok. Dinding luar dan dalam dihiasi dengan piring tembikar bergambar biru, sedang dinding sebelah tempat imam dan khatib dihiasi dengan relief-relief persegi bergambar margasatwa, dan penari penari yang dipahat pada batu cadas kuning tua. Pengawasan pekerjaan pembangunan masjid ini tak lain daripada Babah Liem Mo Han.

13. Tempat WIsata Sejarah Benteng Portugis di Jepara

Benteng Portugis menjadi Tempat wisata sejarah di Jepara yang wajid dikunjungi. Bentang ini menjadi cagar budaya yang dilindungi. Benteng ini terletak di pinggir laut, sehingga juga memiliki pemandangan yang menawan.

Tempat WIsata Sejarah Benteng Portugis di Jepara

Lokasi benteng ini ada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo ini menawarkan suguhan keindahan alam yang begitu disukai banyak kalangan penikmat perjalanan.

14. Tempat Wisata Sejarah Museum R.A. Kartini Jepara

Salah satu pahlawan Nasional berasal dari Kota Jepara, ya, RA. Kartini. Kini, anda bisa melihat berbagai koleksi di Museum RA Kartini, lokasinya ada di sebelah utara alun-alun kota Jepara.

Tempat Wisata Sejarah Museum R.A. Kartini Jepara

Di museum RA. Kartini ini juga, Anda dapat menyaksikan kerangka ikan raksasa “Joko Tuo” sepanjang 16 m dan lebar 2 m dengan berat 6 ton. Ikan tersebut ditemukan pada tahun 1989 di Pulau Karimunjawa dalam keadaan mati, namun masih meninggalkan sisa-sisa daging.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi museum ini, anda hanya membayar Rp. 2000 perorang dan Rp 3000 diakhir pekan, buka setiap hari pada pukul 8 pagi hingga 4 sore.


 15. Tempat Wisata Kuliner Pantai Pungkruk Jepara

salah satu tempat wisata kuliner di Jepara yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Pungkruk. Disini anda bisa menikmasi berbagai sajian kuliner seafood. Lokasinya berjarak sekitar 7 KM dari Kota Jepara. Ada banyak tempat makan disini, namun yang unik adalah yang menyediakan Gazoba di atas laut. Bahkan ada beberapa yang melengkapi tempat usahanya dengan karaoke.

Wisata Kuliner Pantai Pungkruk di Jepara

Selain dapat menikmati sajian kuliner yang lezat anda juga dapat menikmati indahnya sunset di sore hari sambil menyantap hidangan laut yang lezat.

Pantai ini berjarak sekitar 2 km dari pantai Bandengan.  Oh ya, kuliner andalan disini, adalah ikan bakar.


Bagaimana? Anda sudah menetukan tempat-tempat mana saja yang akan anda kunjungi selama di Jepara? Itulah 15 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bermanfaat untuk anda dan bisa dijadikan sebagai panduan wisata di Jepara Jawa Tengah bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Jangan lupa jugau ntuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu dimana saja tempat wisata di Jepara yang menarik dikunjungi. 

15 TEMPAT WISATA DI JEPARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: cakrawala

0 komentar:

Posting Komentar